KALTARA

DPRD Minta Serapan APBD Kaltara Agar Digenjot

Albertus Stefanus Baya

TANJUNG SELOR, lintasbenuanta.com – Ketua Komisi III DPRD Kaltara Albertus Stefanus Baya menanggapi perihal serapan APBD Kaltara yang masih rendah. Diminta untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) agar serapan tersebut bisa digenjot.

Menurutnya, agar anggaran tidak menumpuk di akhir tahun. Apalagi, pemerintah sebelumnya telah melakukan perencanaan pelaksanaan program dan kegiatan. Sehingga penting untuk mengedepankan komitmen di lapangan.

“Serapan APBD penting untuk menciptakan performa pembangunan optimal bagi masyarakat. Sehingga masyarakat tidak perlu menunggu akhir tahun, agar bisa menikmati program yang telah direncanakan pemerintah,” jelas Albertus, Senin (28/6).

Hal yang perlu dipahami pemerintah daerah, percepatan serapan anggaran merupakan instruksi Presiden Indonesia, Joko Widodo. Keberadaan belanja daerah diarahkan bisa menahan perlambatan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Kinerja pemerintah daerah tidak boleh lamban. Roda penggerak ekonomi dari sektor swasta terhambat karena Corona.

“Pergerakan belanja daerah yang cepat harus disadari bisa membantu perekonomian masyarakat. Tapi harus tepat guna dan sesuai aturan,” tuturnya.

Bahkan, DPRD Kaltara telah mengagendakan pertemuan rutin guna membahas kinerja serapan anggaran dan pelaksanaan program pemerintah. (lb-02)

Leave a Comment