KALTARA

Dewan Minta Aturan Larangan Mudik Agar Dipatuhi

Nurdin Hasni

TANJUNG SELOR, lintasbenuanta.com – Anggota DPRD Kaltara Nurdin Hasni mengimbau, agar masyarakat Kalimantan Utara dapat mengikuti aturan larangan mudik Lebaran tahun ini. Meskipun, masih ada sejumlah masyarakat yang nekat untuk mudik.

Aturan yang jadi kebijakan Pemerintah Pusat tersebut, sebagai upaya mengantisipasi lonjakan kasus positif Covid-19. “Yang disampaikan pemerintah patut kita ikuti. Terutama menghindari banyaknya kasus (Covid-19) lagi,” ungkap Nurdin, Senin (10/5).

Dengan sikap proaktif masyarakat, akan berikan dampak positif. Terutama untuk kesehatan keluarga masing-masing. “Jangan sampai tetap mudik, tapi bisa membuat keluarga terjangkit virus ini. Karena keluarga yang kita tuju kalau mau mudik,” ujarnya.

Larangan mudik menjadi atensi pemerintah untuk menyelamatkan rakyat dari pandemi. Untuk menghindari kasus seperti di India, yang mana terjadi lonjakan kasus Covid. Nurtin berharap penerapan protokol kesehatan di moda transportasi. Pihak eksekutif harus tegas melakukan pengawasan di lapangan.

Untuk ruang ibadah diminta menjaga jarak. Sementara untuk transportasi, khususnya speedboat masih ditemukan minimnya penerapan protokol kesehatan.  “Itu yang kami minta agar ditegaskan,” imbuh Nurdin.

Pembatasan jumlah penumpang harus senantiasa diutamakan. Termasuk sterilisasi armada setelah berlayar. Jika isinya 40 penumpang, paling tidak bisa mengangkut hanya 20 orang. Satgas penanganan Covid juga diminta mengantisipasi kerumunan di pusat perbelanjaan. Mengingat tingkat konsumsi masyarakat semakin meningkat jelang Lebaran.

“Kerumunan itu saya lihat banyak di pasar. Harusnya tidak demikian,” pungkasnya. (adv)

Leave a Comment