KALTARA

DPRD Kaltara Dukung Program PTSL di Tarakan

SERTIFIKAT LAHAN: Wakil Ketua Komisi III DPRD Kaltara Supaad Hadianto (dua dari kanan) memberikan plakat saat mengunjungi BPN Kota Tatakan, pada 15 April lalu.

TANJUNG SELOR, lintasbenuanta.com – Dewan Perwakilan Rakyat Kaltara (DPRD) Kaltara mempertanyakan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tarakan, berkaitan dengan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun ini.

Dari pertemuan dengan BPN Tarakan, DPRD Kaltara diberitahukan perihal peta bidang yang akan diukur, yakni sebanyak 5.000. Namun, dari jumlah tersebut hanya 3.000 yang akan dilanjut proses serifikat. Dikarenakan, alokasi anggaran yang bersumber dari APBN hanya cukup untuk 3.000 peta bidang.

“Terkendala pada dianggaran yang bersumber dari APBN. Meskipun jumlah yang tersedia itu ada 5.000 peta bidang,” jelas Wakil Ketua Komisi III DPRD Kaltara Supaad Hadianto, kemarin (22/4).

Berdasarkan keterangan pihak BPN, target pengukuran peta bidang dan proses administrasi sertifikat paling lambat Desember 2021. Namun, dari BPN menargetkan selesai Agustus 2021. Ada 8 Kelurahan yang menjadi target PTSL tahun ini. Seperti di Kelurahan Gunung Lingkas, Lingkas Ujung, Karang Balik, Karang Harapan dan Juata Permai.

“Kami mendukung program ini. Hanya saja ada kesepakatan pembiayaan sebesar Rp 250 ribu untuk operasional di lapangan,” jelasnya. Diharapkan Komisi III DPRD Kaltara, 5.000 peta bidang bisa tersertifikat.

“Kalau bisa semua mendapatkan hak yang sama. Jadi 5.000 peta bidang semua tersertifikat,” pintanya. (*ed/adv)

Leave a Comment