DPRD Kaltara Prioritaskan 9 Ranperda pada Masa Persidangan I

TANJUNG SELOR, lintasbenuanta.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar Rapat Paripurna Ke-3 Masa Persidangan I Tahun 2021, Senin (8/2/2021).

Agenda paripurna itu adalah penyampaian nota pengantar enam rancangan peraturan daerah (Ranperda) prakarsa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, dan penyampaian nota penjelasan tiga ranperda inisiatif DPRD Kaltara.

Dari puluhan ranperda yang masuk ke dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) Tahun 2021, sembilan diantaranya prioritas dibahas di masa sidang pertama.

“Hari ini, paripurna terkait ada sembilan ranperda yang kita akan bahas pada masa sidang ke-I ini. Jadi sembilan itu, ada enam ranperda prakarsa pemerintah daerah dan tiga inisiatif dewan,” kata Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris yang memimpin langsung paripurna tersebut.

Adapun yang membacakan nota pengantar ranperda prakarsa Pemprov adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltara Suriansyah. Sedangkan yang menyampaikan nota penjelasan ranperda inisiatif DPRD adalah Ketua Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kaltara Syamsuddin Arfah.

“Kita tadi adalah mendengarkan nota pengantar dari Pemprov dan juga kami sampaikan nota penjelasan dari dewan. Kemudian akan berlanjut ke pembahasan ranperda itu nantinya. Ada sejumlah proses yang harus dilalui,” kata Syamsuddin Arfah, usai mengikuti peripurna sore tadi.

Dia mengatakan, akan membentuk panitia khusus (Pansus) membahas ranperda tersebut. Seperti diketahui, sejumlah rancangan produk hukum daerah itu ada yang baru dan ada pula yang sudah pernah dibahas tahun sebelumnya. Termasuk ada ranperda perubahan dari perda yang sudah disahkan sebelumnya.

“Kita akan bahas di masa sidang pertama ini. Kita harapkan bisa diselesaikan secepatnya. Tentu saja sesuai aturan dan mekanisme yang harus dilalui,” ujarnya. (qyd)

Rancangan Peraturan Daerah Prakarsa Pemprov Kaltara, terdiri dari:

  1. Ranperda Retribusi Pelayanan Pengujian Laboratorium Lingkungan.
  2. Ranperda Tarif Transportasi Ambulan Air Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara.
  3. Ranperda Perubahan Atas Perubahan Daerah Provinsi Kalimantan Utara Nomor 10 Tahun 2019 Tentang Jasa Umum.
  4. Ranperda Perubahan Atas Perubahan Daerah Provinsi Kalimantan Utara Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Jasa Usaha.
  5. Ranperda Perubahan Atas Perubahan Daerah Provinsi Kalimantan Utara Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Retribusi Perizinan Tertentu.
  6. Ranperda Adaptasi Kebiasaan Baru.

Rancangan Peraturan Daerah Insiatif DPRD Kaltara, terdiri dari:

  1. Ranperda Hari Jadi Provinsi Kalimantan Utara.
  2. Ranperda Lambang Daerah Provinsi Kalimantan Utara.
  3. Ranperda Koperasi.

Sumber: DPRD Kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *