KALTARA

Pramuka, Motor Penggerak Percepatan Penanganan Covid-19

RAKERDA : Ketua Mabida Kaltara sekaligus Pjs Gubernur Kaltara, Teguh Setyabudi saat membuka Rakerda Gerakan Pramuka Kaltara 2020 secara virtual, Sabtu (17/10) siang.

TARAKAN, lintasbenuanta.com –  Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Provinsi Kaltara yang juga Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kaltara, Teguh Setyabudi membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Gerakan Pramuka Kaltara 2020 secara virtual di ruang pimpinan Badan Penghubung Provinsi Kaltara Kantor Perwakilan Kota Tarakan.

Di momen itu, Teguh menyampaikan bahwa pandemi yang terjadi saat ini berpengaruh pada seluruh sektor. Termasuk pemerintahan. Dan hal ini mengubah pola pikir juga pola kerja. “Tak terkecuali pada Gerakan Pramuka. Dan, diharapkan Pramuka dapat menjadi ujung tombak sosialisasi pencegahan Covid-19,” katanya.

Bersangkutan dengan itu, Pramuka harus menjadi motor penggerak dalam penerapan protokol kesehatan. “Tentunya dimulai dari kehidupan pribadi dengan menerapkan hidup bersih dan sehat. Juga terus menerapkan 3M,” ujarnya.

Teguh juga berharap melalui Rakerda ini, dibahas berbagai program yang disesuaikan dengan sistem dan kondisi yang ada. “Baik program jangka pendek maupun menengah. Semua program kegiatan harus memperhatikan pandemi dan protokol kesehatan,” jelasnya.

Dampak lain dari pandemi ini juga terasa pada sektor sosial dan ekonomi. Untuk itu, Pramuka dituntut membantu penanganan dampak tersebut. “Pandemi ini, adalah ujian bagi kita semua. Dalam artian, apakah Pramuka mampu membuat terobosan atau down dan tidak melakukan apa-apa,” ulasnya.

Pandemi ini juga menjadi momen untuk afirmasi dalam dunia digital. “Potensi Pramuka dalam hal ini sangat besar. Juga dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0, SDM Pramuka harus dibenahi untuk memahami teknologi,” ucapnya.

“Selain SDM, regulasi juga sarana prasarana dan anggaran patut menjadi perhatian. Dan, soal anggaran, Pemprov Kaltara selalu mendukung perkembangan Gerakan Pramuka. Ini artinya, antara Pramuka dan Pemerintah ada hubungan simbiosis mutualisme,” imbuhnya.

Soal lainnya, adalah Pilkada Serentak 2020. Untuk momen itu, Teguh berharap Gerakan Pramuka mampu mendukung sekaligus menjadi motor penggerak pelaksanaan pilkada yang lancar, damai dan aman dari Covid-19. “Jangan sampai persatuan dan kesatuan di Kaltara pecah hanya karena beda pilihan,” tuturnya.

“Mudahan Kaltara terus maju dan jaya,” timpalnya menutup.(*/lb-2)

 

 

Leave a Comment