KOLOM OPINI

BEASISWA KALTARA CERDAS: Bukti Kepedulian Irianto Pada Pendidikan dan SDM Generasi Muda Kaltara

Pilihlah Pemimpin Yang Peduli Pada Pendidikan dan Kualitas Generasi Muda

Salah satu Kepedulian nyata Gubernur Kalimantan Utara (kaltara), Irianto Lambrie  terhadap pendidikan putra putri Kaltara  adalah Program Beasiswa Kaltara Cerdas. Program beasiswa yang digagas  Irianto sejak awal dia dilantik sebagai Gubernur Kaltara tahun 2016, benar benar sangat membantu pelajar dan mahasiswa Kaltara.

Program ini bertujuan meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Kaltara melalui aspek pendidikan. Sehingga, kedepannya Kaltara memiliki masyarakat berkompeten untuk mendukung percepatan pembangunan daerah.

Dengan beasiswa ini, Pelajar dan mahasiswa Kaltara dengan ekonomi kurang mampu tidak perlu kuatir lagi sekolah dan kuliah akan terhenti hanya karena persoalan biaya.

Putra putri Kaltara yang berprestasipun semakin bersemangat dan termotivasi belajar dengan giat karena adanya dukungan beasiswa Kaltara Cerdas.

Anak anak daerah yang ingin menempuh pendidikan jenjang sarjana, magister dan doktoral serta yang paling paling tinggi sekalipun, telah terbantukan dengan program  beasiswa ini.

Berkat program spetakuler dalam dunia pendidikan Kaltara dan terobosanGubernur Irianto lambrie, ribuan mahasiswa Kaltara  merasakan program ini selama 5 tahun terakhir. Ribuan orang tua sangat terbantu dapat  menyekolahkan dan mengkuliahkan putra putri mereka hingga selesai.

Program kaltara cerdas mulai disalurkan kepada para pelajar dan mahasiswa yang berhak pada tahun 2016 sebesar 7, 27 milyar untuk 1.483 pelajar/mahasiswa.

Tahun 2017 dianggarkan Rp10,96 miliar untuk 2.373.

2018 disalurkan  Rp11 miliar dengan penerima sebanyak 4.690.

Tahun 2019 terealisasi  12 milyar untuk 5.004 pelajar/mahasiswa.

Dan tahun 2020 telah disiapkan 10 milyar, dengan jumlah penerima mencapai 5000-an. Kendati nilai mata anggaran mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu, namun total anggaran 10 milyar tersebut  anggaran hanya diperuntukan untuk  pemberian beasiswa saja.

“Pagu anggaran keseluruhan ada Rp10 miliar. Kita fokuskan semua pada beasiswanya. Kalau tahun lalu saat dikelola Dewan Pendidikan, kan ada dana operasional dan lainnya. Tapi kalau kita, dioptimalkan untuk beasiswanya,” papar Plh. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Utara, Firmananur.

Oleh karena itu, masyarakat Kaltara patut bersyukur dan berbangga atas program beasiswa Kaltara Cerdas yang direalisasikan oleh Gubernur Irianto Lambrie

Program ini setidaknya menjadi bukti, referensi dan motivasi kita dalam menilai kualitas seorang kepala daerah dalan menyiapkan generasi masa depan Kaltara sebagai penggerak percepatan pembangunan di Kaltara.

Nah, sosok pemimpin yang terbukti melakukannya hanya Irianto Lambrie. Dan sudah pasti bakal ditingkatkan dengan beragam program lainnya yang bermanfaat dunia pendidikan Kaltara dalam periode 2 kepemimpinannya.

Oleh: Bustomy, M.IKom

Leave a Comment