KALTARA

Diduga Tabrak Benda Keras, Speedboat dari Malinau – Tarakan Terbalik

Speedboat yang terbalik, sesaat sebelum dievakuasi. (dokumen Polsek Sesayap Hilir, KTT)

Tiga Korban Dilarikan ke Rumah Sakit

TARAKAN, lintasbenuanta.com– Speedboat non regular CB Antasena Tarakan mengalami kecelakaan di kawasan Pulau Tiga, Kabupaten Tana Tidung (KTT) Kamis (2/7/2020) siang sekira pukul 14.30 Wita.

Perahu cepat atau speedboat yang berangkat dari Malinau menuju Tarakan pada pukul 13.30 Wita ini, mengalami kecelakaan satu jam setelah perjalanan dari Malinau.  Speedboat yang membawa 14 penumpang tersebut terbalik. Penyebabnya disinyalir karena speedboat hilang keseimbangan akibat diduga menabrak dengan benda keras yang dibawa arus sungai.

Informasi yang dihimpun, speedboat dengan mesin satu berkekuatan 300 PK ini, diduga menabrak benda keras. Kemudian oleng, dan menyebabkan mesin mati, hingga kehilangan keseimbangan.

Para penumpang yang panik keluar, setelah speedboat miring. Mereka berusaha memegang sisi atau pinggiran badan speedboat, sambil menunggu bantuan datang.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Meski begitu, tiga orang mengalami luka ringan dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Akhmad Berahim, Desa Tideng Pale Timur, Kecamatan Sesayap, KTT.

“Untungnya saat  ada melintas dua speedboat dari Sesayap Hilir dan Tideng Pale yang langsung memberikan pertolongan untuk segera dievakuasi,” ungkap Kapolsek Sesayap, Iptu Su’udi yang dikonfirmasi pada Kamis (2/7/2020).

Dengan bantuan dua unit speedboat, para penumpang pun berhasil dievakuasi ke Tideng Pale. Sementara untuk speedboat Antasena yang terbalik pun dievakuasi ke anjungan dermaga di Kecamatan Sesayap Hilir.

Sesuai daftar manifest, data penumpang ada 14 orang. Terdiri dari 12 penumpang dewasa; yakni Mursalim (38), Hanissa (34), Najwa Syifa K (17), Ashar Nasir (43), Sulistini (34), Angga Riski P (15), Andin Nurul Komariah (33), Aswin Ramadani (37), Calvin Valentino (20), Yandri (25) dan Sulaiman (78). Sementara penumpang anak-anak: Mila Viviana (1), Gilang Sanjaya (5), Muthia Desvita (10).

Menurut salah satu saksi mata, lima menit sebelum kecelakaan,  speedboat yang ditumpangi seperti menabrak benda keras. Lepas dari benturan itu, speedboat oleng dan motoris Muis alias Awis hilang kendali.

“Setelah menabrak sesuatu yang tidak tahu itu apa, speedboat miring dan langsung terbalik,” kata salah satu penumpang speedboat tersebut.  (lb-1)

Leave a Comment