KALTARA

Cerita Nostalgia Masa Muda Akbar Tanjung kala Bertemu Irianto Lambrie

AKRAB: H Irianto Lambrie berbincang akrab besama Tokoh Nasional, Akbar Tanjung di kediamannya di Kebayoran Baru, Jakarta, Minggu (5/7/2020) malam.

JAKARTA, lintasbenuanta.com – Akbar Tanjung. Bagi masyarakat Indonesia, mungkin tak ada yang tidak mengenal tokoh nasional ini. Tokoh yang cukup dikenal sejak jaman orde baru, masa reformasi dan era milenial sekarang. Pernah menjabat beberapa kali sebagai Menteri hingga menduduki sebagai ketua top organisasi pemuda Tanah Air, KNPI.

Minggu (5/7/2020) malam ini, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie berkesempatan memenuhi undangan silaturahmi ke kediaman Tokoh Nasional, yang akrab disapa Bang Akbar Tanjung ini.

Usianya memang sudah sepuh, tapi dilihat dari gestur dan semangatnya, Bang Akbar masih begitu enerjik dan segar. “Sebuah kehormatan saya mendapat undangan dari beliau. Jika tidak salah, ini merupakan ketiga kalinya saya diterima silaturahmi di rumah kediaman beliau,” kata Irianto Lambrie mengungkap kesannya diundang Akbar Tanjung.

Dikatakan Irianto, pertemuan silaturahmi kemarin adalah merupakan yang ketiga kalinya. Pada tahun 2014, pada saat itu Irianto menjabat sebagai Sekdaprov Kaltim sekaligus Penjabat (Pj) Gubernur Kaltara), bersilaturahmi bersama Soedarsono Soekardi, mantan Ka Bappeda Kaltim dan Deputi Menpera. “Pertemuan kedua pada 2016, saya sudah sebagai Gubernur Kaltara, dan ketiga pada malam ini,” lanjutnya.

Pertemuan silaturahmi malam itu berlangsung dalam suasana penuh keakraban. Seakan menjadi ajang reuni, dalam pertemuan dengan tetap memenuhi protokol kesehatan karena masih di masa pandemi Covid-19 itu, banyak bercerita tentang masa lalu, atau lebih tepatnya sebagai ajang nostalgia.

Pertemuan ini merupakan hubungan antara senior dan junior di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia). Untuk diketahui, di kala keduanya memang merupakan aktivis di HMI, sekaligus sebagai pengurus KNPI.

“Kami banyak bercerita santai tentang nostalgia masa muda, ketika beliau masih sebagai aktifis di HMI maupun di KNPI,” kata Irianto. Dikisahkan, semasa muda Akbar Tanjung merupakan aktivis yang gigih dan cerdas, hingga pada puncaknya menduduki pucuk pimpinan di beberapa organisasi nasional.

Untuk diketahui, Akbar Tanjung pernah menjadi sebagai Ketua Umum (Ketum) PB HMI, Ketum DPP KNPI (1978 – 1981), dan beberapa organisasi nasional lain. Sementara Irianto Lambrie aktif di KNPI dan HMI Kaltim. “Bang Akbar Tanjung merupakan tokoh senior Alumni HMI, KNPI, tokoh politik nasional. Di organisasi politik, beliau merupakan sesepuh Golkar. Bahkan pernah menjabat sebagai Ketua Umum DPP Golkar,” imbuhnya.

Selain di organisasi, Akbar Tanjung juga pernah menduduki beberapa kali sebagai Menteri. Menjabat sebagai Menpora (1988 – 1993), Menpera (1993 – 1998), Menperkim (1998), dan Mensesneg (1998 – 1999); terakhir sebagai Ketua DPR RI (1999 – 2004).

“Alhamdulillah, saya sangat terkesan dan berterima kasih bisa bersilaturahmi sekaligus berdiskusi dengan beliau. Kita doakan, semoga Bang Akbar Tanjung senantiasa diberikan kesehatan, keafiatan dan kebahagian dunia dan akhirat,” ujar Irianto lagi. (lb-1)

Leave a Comment