KALTARA

Merambah Pasar UMKM dengan Furniture Unik

Sumbangan UKM Untuk Perekonomian: Perajin furniture di Tangerang Selatan, Selasa (30/10). Pemerintah mencatat hingga tahun 2018 Jumlah unit usaha UMKM sebesar 98,8% dari total unit usaha ekonomi yang ada di Indonesia dengan sebesar 96,99% dari total tenaga kerja serta menyumbang 60,3% terhadap PDB.KONTAN/Baihaki/30/10/2018

TANJUNG SELOR, lintasbenuanta.com – Bergerak di bidang pembuatan mebel, furniture, dan pengelasan, Samidi, owner Sam Creative telah menggeluti dunia usaha sejak 2012. Samidi membuka layanan pembuatan furniture yang unik, namun tetap multifungsi untuk menarik perhatian masyarakat modern di Tanjung Selor. “Saya mulai merantau ke Tanjung Selor pada 2003, kemudian berbekal keahlian yang saya miliki, saya membuat furniture, kanopi, kitchen set, dan lainnya. Hingga 2012 saya memberanikan diri mendirikan Sam Creative ini,” jelasnya.

Dikatakannya, semua produk karyanya diproduksi bersama beberapa karyawan di bengkelnya. Bengkel Sam Creative nyaris tak pernah sepi peminat karena Samidi terus berinovasi dengan menyesuaikan minat pasar. “Saya berusaha menampilkan sesuatu yang unik sesuai dengan permintaan pasar, terkadang juga saya mencari referensi dari Youtube untuk meningkatkan kemampuan saya,” urainya.

Melalui program RekaSuara, Samidi memberikan beberapa tips kepada para perintis UMKM . “Kita harus punya keterampilan dan jangan malas untuk terus mengasah keterampilan yang kita miliki, keberanian, modal dasar yaitu tempat dan peralatan, kemudian kita juga harus punya relasi,” tuturnya.

Samidi juga mengakui bahwa UMKM di Kaltara sudah mulai berkembang, “Pelaku UMKM harus rajin-rajin mencari informasi mengenai bantuan pemerintah melalui Disperindagkop dan UMKM sehingga bisnis kita dapat berkembang,” tutupnya.(humas)

Leave a Comment