KALTARA

PGN Janjikan Segera Perbaikan Kerusakan Jargas di Bunyu

Legeslator dari Kaltara, Arkana Akram pada rapat dengar pendapat Komisi VII DPR RI dengan jajaran direksi PGN.

JAKARTA, lintasbenuanta.com – Permasalahan Jaringan Gas (Jargas) yang terjadi sejak 2017 di Pulau Bunyu kini memperlihatkan titik terang. Melalui Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Gigih Prakoso, pihaknya akan segera menindakanjutinya.
Demikian disampaikan Gigih dalam rapat dengar pendapat (RDP) yang diadakan Komisi 7 DPR-RI Senin (10/2) kemarin.
Sebelumnya, anggota Komisi VII DPR RI Arkanata Akram secara gamblang menjelaskan hasil kunjungannya ke Pulau Bunyu Kabupaten Bulungan beberapa waktu lalum
Untuk diketahui, PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) sebagai induk perusahaan yang mengelola Jargas (jaringan gas) di Pulau Bunyu Kabupaten Bulungan.
Dalam peninjauannya ke Bunyu, Anggota DPR dari Fraksi Nasdem itu membawa serta Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas). Arkanata, yang merupakan wakil dari Kaltara, mencatat ada 9 dari 10 Stasiun fas yang mengalami kebocoran. Kemudian banyaknya pipa gas yang muncul dari dalam tanah, yang sangat berbahaya karena beberapa titik kebocoran berada sekitar fasilitas publik hingga alasan tidak dilakukannnya perbaikan sampai saat ini.
“Ada 3.277 pelanggan aktif di Bunyu yang rata-rata perbulan membayar sekitar Rp. 62.500 untuk harga gasnya. Dengan hitungan saya, harusnya PGN mampu melakukan perbaikan kerusakan yang terjadi.
Selain itu ada juga catatan lain seperti status beberapa karyawan dari warga Bunyu yang direkrut, yang hingga hari ini belum jelas statusnya dan belum diberikan pelatihan atas tugas dan tanggung jawab mereka dilapangkan,” kata Arkanata.
Untuk diketahui permasalahan ini bermula saat pengelolaan Jargas di Bunyu yang awalnya dikelola Swasta kemudian di kembalikan ke PT. PGN sebagai Badan usaha milik negara (BUMN) yang mengelola pemanfaatan gas di Indonesia.
Menanggapi hal tersebut Direktur Utama PT. PGN Gigih Prakoso berjanji akan melakukan perbaikan jaringan gas di Bunyu dalam waktu dekat sekaligus akan memberikan pelatihan kepada tenaga kerja dari warga Bunyu yang menjadi pegawai PT. Perta Niaga Gas sebagai anak perusahaan PGN yang mengelola Jargas di sana.
“Terima kasih atas informasi yang bapak Arkanata berikan, rencananya dalam Minggu ini atau paling lambat Minggu depan kami akan melakukan perbaikan pada fasilitas Jargas di Pulau Bunyu, sekaligus akan melakukan pelatihan kepada tenaga kerja kami yang ada di sana,” kata Gigih Prakoso.(lb)

Leave a Comment