KALTARA

Diduga karena Ledakan Kompor, Puluhan Rumah di Pasar Batu Tarakan Ludes Terbakar

LUDES: Kebakaran di Pasar Batu Tarakan, tampak dari udara.

TARAKAN, lintasbenuanta.com – Kebakaran hebat terjadi di Pasar Batu Kelurahan Sebengkok, Tarakan Tengah mulai sekitar pukul 11.45 Wita, Senin (20/01/2020). Api sendiri baru bisa padam sekira pukul 13.30 Wita. Puluhan rumah dan juga rumah toko (Ruko) ludes terbakar. Belum diketahui penyebab pastinya. Namun dugaan sementara sumber api dari ledakan kompor.

ML, salah satu saksi mata yang rumahnya berdekatan dengan rumah sumber ape pertama menuturkan, dia baru sadar ada api ketika mendengar tetangga di sebelah rumahnya berteriak.

Mendengar teriakan itu, ML lantas memastikan sumber api. Benar saja, ketika dirinya menengok ke sebelah rumah, tepatnya bagian belakang rumah tetangganya, api sudah membumbung tinggi, hingga melahap bangunan rumah yang barbahan kayu tersebut.

Dengan cepat, wanita itu pun bergegas menyelamatkan anak-anaknya dari dalam rumah. Di waktu bersamaan, ketika hendak kembali menyelamatkan beberapa benda berharganya ML ditahan beberapa warga untuk kembali ke dalam rumah.

Api dari rumah tetangganya, saat itu sudah menyambar beberapa bagian rumah miliknya. ML lantas dievakuasi warga ke tempat yang lebih aman.

“Yang saya tahu dia waktu itu sedang masak. Mungkin saja ditinggal, tidak lama kemudian api besar sudah di dapurnya,” kata ML kepada wartawan.

Cuaca terik, di tambah jarak antar rumah yang berdekatan, membuat api cepat membesar, dan merembet ke rumah-rumah warga lainnya. Termasuk ke Pasar Batu yang di situ berderet Ruko-ruko dan lapakan tempat berjualan.

“Ada tetangga dengar ada suara ledakan. Tapi tidak tahu itu suara apa, sepertinya kompor, atau mungkin tabung gas,” kata warga lainnya di lokasi kejadian.

Pantauan wartawan di lokasi kebakaran, api dengan cepat membesar dan merembet di area wilayah rumah warga di Sebengkok Tiram, tepatnya di belakang Pasar Batu.

Petugas Pemadam Kebakaran, bersama personel TNI-Polri dibantu warga dan beberapa organisasi turut memadamkan api yang kian membesar. Namun kobaran api yang begitu cepat, membuat petugas kuwalahan. Hingga akhirnya menghanguskan puluhan rumah.

Tercatat ada sekitar 20 ruko di Pasar Batu habis terbakar. Sementara di RT 24 sekitar 40-an rumah terbakar.

Hingga berita ini dilansir belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian terkait peristiwa kebakaran tersebut. Petugas masih di lapangan untuk membantu pemadaman, serta mengumpulkan keterangan dari sejumlah saksi. (lb)

Leave a Comment