KALTARA

Website Humas Pemprov Masuk Nominasi Terbaik AMH 2019

PANGKAL PINANG, lintasbenuanta.com – Sebuah kebanggaan bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara). Tahun ini, media online atau website resmi pemerintah provinsi yang dikelola oleh Biro Humas dan Protokol Sekretariat Provinsi, berhasil masuk nominasi terbaik pada Anugerah Media Humas (AMH) 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI.

Ajang penganugerahan atas prestasi karya humas pemerintah di seluruh Indonesia, AMH 2019 yang digelar di Novotel Bangka Hotel and Convention Center, Pangkalpinang, Bangka Belitung, Jumat (25/10/2019), bertujuan untuk menciptakan semangat kompetisi positif di lingkungan humas yang berbasis kinerja. Sekaligus memberi peluang peningkatan kualitas kinerja humas pemerintah.

Tak hanya itu, AMH diharapkan dapat memacu humas pemerintah dan Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) untuk memperkuat perannya dalam melakukan diseminasi informasi terkait program pemerintah kepada masyarakat.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ada 5 kategori media yang dilombakan dalam AMH 2019. Yaitu kategori Siaran Pers/Pemberitaan, Penerbitan Media Internal (In-house Magazine), Media Sosial, Website, dan kategori Stan Pameran Instansi. Perspektif komunikasi publik, kreativitas, serta etika dan estetika, merupakan sebagian dari unsur yang dinilai Dewan Juri yang berasal dari praktisi media, praktisi media sosial, dan pakar teknologi informasi dan komunikasi. Turut bergabung sebagai tim Dewan Juri, Tenaga Ahli Kementerian Kominfo Bidang Literasi Digital, Donny Budi Utoyo, serta presenter berita Prita Laura dan Alfito Deanova.

Tercatat ada 169 instansi yang mengirimkan karyanya untuk dilombakan dalam Anugerah Media Humas 2019. Ada perubahan dalam Klasifikasi Pemenang AMH tahun ini. Jika di tahun 2018 lalu klasifikasi pemenang tiap kategori dibagi berdasarkan Terbaik I, II, dan III tingkat Pusat dan Daerah, maka tahun ini Klasifikasi Pemenang tiap kategori dibagi sesuai instansi, yaitu Kementerian/Lembaga Terbaik, BUMN/D Terbaik, Perguruan Tinggi Negeri Terbaik, Pemerintah Daerah Provinsi Terbaik, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Terbaik.

“Alhamdulillah, kita sangat bersyukur. Meskipun belum menjadi terbaik pertama, ini sudah merupakan prestasi yang luar biasa. Apalagi Kaltara sebagai provinsi baru, yang bisa bersaing dengan provinsi lain yang usianya jauh di atas kita,” kata Muhammad Mursid, Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Kaltara.

Untuk diketahui, sebagai terbaik pertama pada kategori ini adalah Pemerintah Provinsi Jawa Barat. “Keberhasilan ini merupakan kerja keras dari tim dari para staf di Biro Humas dan Protokol. Utamanya Bagian Humas yang mengelola langsung web ini,” imbuhnya.

Penganugerahan penghargaan ini menjadi penutup rangkaian kegiatan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2019. Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Widodo Muktiyo. Dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasinya kepada para pemenang. Menurutnya Humas adalah profesi yang sangat strategis dalam menyampaikan informasi kebijakan pemerintah kepada masyarakat.

“Yang utama sebetulnya apresiasi bersama bahwa humas adalah profesi yang sangat strategis dan dibutuhkan masyarakat, bertugas menyampaikan informasi untuk bisa sampai ke masyarakat. Kalau istilah Presiden, ‘tidak hanya send, tapi deliver’. Mari kita apresiasi diri kita malam ini,” tutur Widodo .

Dalam sambutannya, Widodo turut menyampaikan pesan Menteri Kominfo, Johnny G. Plate, yang menyatakan akan terus mensupport kegiatan kehumasan pemerintah. “Saya mewakili Menkominfo, beliau sangat senang bisa bersama-sama dengan jajaran Kominfo dan akan terus mensupport kegiatan Bakohumas. Bahkan secara spesifik Kementerian Kominfo akan menyejajarkan komunikasi dan informatika. Komunikasi sama pentingnya dengan informatika,” jelas Widodo mengutip pesan Menteri Kominfo. (humas)

Leave a Comment