KALTARA

Penguapan Air Kurang, Potensi Hujan di Bulungan Sangat Rendah

TANJUNG SELOR, lintasbenuanta.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas III Tanjung Harapan, memprediksi potensi hujan di Kalimantan Utara (Kaltara), khususnya di Bulungan dalam beberapa hari ke depan masih sangat rendah.

Dijelaskan Forcester BMKG Tanjung Harapan, Magdalena Sidauruk, rendahnya potensi hujan disebabkan kandungan uap air di udara Kaltara yang masih sedikit. Hal itu dikarenakan oleh tutupan asap yang membuat penguapan air kurang.

“Pada umumnya wilayah Bulungan ini sering sekali turun hujan, tapi kurang lebih hampir dua minggu belum ada hujan yang turun. Tak hanya di Tanjung Selor, tapi juga di setiap kecamatan dalam sepekan ini tidak pernah hujan,” kata Magdalena, Selasa (17/9).

Menurutnya, faktor kabut asap disinyalir menjadi salah satu penyebabnya. Karena sinar matahari tidak bisa langsung ke air.

Lebih jauh diungkapkan, sebaran asap saat ini masih terdeteksi di wilayah Kalimantan, Sumatera, Riau, Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Utara (Kaltara), Kalimantan Timur serta wilayah Semenanjung dan Serawak Malaysia. “Di Singapura juga terdeteksi ada sebaran asap meski jumlah tidak banyak seperti yang ada di daerah kita ini,” jelasnya.

Mengenai arah angina, sebut dia, di Sumatera dan Kalimantan pada umumnya dari Tenggara Barat Daya menuju ke Barat Laut hingga Timur laut. “Tren angin dari Tenggara ke Timur Laut dengan sebaran asap ke Timur Laut kecepatan Angin 4-6 Knots dan Jarak Pandang Visual 1 Km wilayah Tanjung Selor,” kata Magdalena.

Sementara itu, suhu udara masih wilayah Tanjung Selor, disebutkan masih normal. Yaitu, antara 24 sampai 32 derajat celcius dengan kelembapan 55 sampai 100 persen. “Di Bulungan, sesuai data rilis untuk tanggal 18-19 September hampir di setiap kecamatan tidak turun hujan, potensi hujan masih sangat rendah. Kalau pun ada hujan, kemungkinan bisa terjadi di wilayah Peso,” kata dia lagi. (lb-1)

Leave a Comment