KALTARA

Gubernur Ajak Semua Elemen Lakukan Evaluasi dan Refleksi Bersama

PERINGATAN HUT Provinsi Kaltara yang ke-6 di Lapangan Agatish, Senin (22/04/2019).

TANJUNG SELOR, lintasbenuanta.com – Hari Ulang Tahun (HUT) ke-6 Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) diperingati lewat Upacara yang dilangsungkan di Lapangan Agatish Tanjung Selor, Senin (22/04). Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan hari jadi kali ini berlangsung sederhana. Pasalnya, pemprov tidak mengalokasikan anggaran secara khusus, terlebih hingga saat ini masih dalam suasana pesta demokrasi alias Pemilihan Umum (Pemilu).

Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan, melalui peringatan hari jadi provinsi paling bungsu di Indonesia ini, Kaltara sudah semakin bergerak maju. Meski masih banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan, namun di usia yang ke-6 perubahan ke arah lebih baik sudah semakin terlihat. “Kita berharap di usia yang ke-6 ini, bisa membawa daerah semakin berkembang dan maju. Tentu membutuhkan kerjasama dan sinergitas semua pihak, untuk mencapai proses pembangunan semakin baik lagi,” katanya.

Hal lain yang Irianto ingatkan di hari ulang tahun Kaltara ini, antara lain meminta semua lapisan pemerintahan dan masyarakat untuk mengevaluasi diri. Pasalnya kontribusi masyarakat yang bersinergi dengan pemerintah dan semua stakeholder yang ada, akan membawa Kaltara sejajar, atau bahkan lebih baik dari provinsi lain. “Kualitas kerja pemerintah harus lebih ditingkatkan. Dukungan masyarakat juga sangat dibutuhkan agar cita-cita pembangunan daerah bisa tercapai. Utamanya dalam meningkatkan daya saing kita,” kata Irianto.

Apapun hasil yang dicapai, lanjutnya, bukan hanya merupakan kerja dari jajaran pemerintah daerah. Yang tak kalah penting adalah peran serta atau partisipasi masyarakat. “Saya mengajak, mari kita senantiasa jaga kebersamaan, luruskan niat untuk membangun Kaltara,” ujarnya. Menjadikan Kaltara terdepan, menurut Gubernur, bukan hanya dalam retorika dalam slogan, tapi terdepan dalam segala hal yang harus diwujudkan, melalui kerja keras, kerja cerdas, dan penuh inovatif.

Disebutkan, capaian yang selama ini diukir oleh Kaltara juga tak kalah membanggakan jika dibandingkan dengan provinsi lain. Terhitung efektifnya pemerintahan daerah sejak 22 April 2013 lalu, Kaltara secara berturut-turut telah memperoleh opini WTP dari BPK sebanyak 4 kali. Tak hanya itu, provinsi dengan tipologi perbatasan negara ini juga tercatat sebagai daerah terbaik dalam perekrutan CPNS 2014, serta menerima puluhan penghargaan nasional yang diterima.

“Tapi yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana membangun infrastruktur agar tercipta daya saing yang kuat. Hal ini yang terus kita upayakan dari tahun ke tahun. Dan patut kita syukuri, progres pembangunan tersebut sudah bisa dirasakan langsung masyarakat,” ungkapnya.

Meskipun, lanjut gubernur, masih ada sektor pembangunan yang belum maksimal. Termasuk akses ke perbatasan yang terus diperjuangkan. Hal itu, adalah upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Puncak perayaan HUT Kaltara juga dihadiri Wakil Gubernur Kaltara Udin Hianggio, Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit dan Wakapolda Kombes Pol Zainal Arifin Paliwang. Tampak pula sejumlah kepala daerah di Kaltara, seperti Bupati Nunukan Asmin Laura, Bupati Tana Tidung Undunsyah dan Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala.

Selain upacara, masih dalam rangkaian peringatan HUT ke-6 Kaltara, Senin (22/4) digelar Sidang Paripurna Istimewa di DPRD Kaltara. Dalam kesempatan ini, kembali dipaparkan oleh Gubernur sejumlah capaian kerja hingga berbagai penghargaan yang diraih Kaltara selama 6 tahun terakhir. “Penghargaan yang kita dapatkan bukan bermaksud untuk dibangga-banggakan. Namun ini adalah merupakan fakta pengakuan secara legal yang diberikan atas kerja keras kita semua. Ini patut disyukuri, sekaligus menjadi cambuk bagi kita untuk kerja lebih keras lagi,” imbuhnya. (humas)

Leave a Comment