KALTARA POLITIK & PEMERINTAHAN

9 TPS di Kaltara Lakukan Pemungutan Suara Ulang

TANJUNG SELOR, lintasbenuanta.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltara memutuskan, Pemungutan Suara Ulang (PSU) atas dasar rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan dilakukan di 9 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kalimantan Utara (Kaltara). Ketua KPU Kaltara Suryanata Al-Islami menegaskan, sesuai dengan hasil pleno KPU kabupaten/kota, PSU dilaksanakan di Kota Tarakan, Kabupaten Tana Tidung dan Nunukan.

Untuk dua kabupaten lainnya, yakni Bulungan dan Malinau tidak ada PSU. Untuk di Bulungan, sebelumnya ada rekomendasi Bawaslu untuk PSU. Namun sesuai hasil pleno penyelenggara, tidak dilakukan. Melainkanhanya perhitungan lanjutan.  “Di Bulungan tidak terdapat PSU, begitu juga di Malinau. Di Bulungan terdapat 1 TPS yang direkomendasikan pengawas. Nmun keputusan kita, setelah didalami lebih jauh, cukup dengan perhitungan lanjutan yang dilaksanakan di tingkat kecamatan, karena di tingkat TPS waktunya sudah terlampaui. Makanya proses perhitungan dilakukan oleh PPK dengan mengikuti jadwal perhitungan tingkat kecamatan,” kata Surya—sapaan akrabnya.

Perhitungan lanjutan tersebut, sambungnya, khusus untuk TPS 39 Kelurahan Tanjung Selor Hilir, Kecamatan Tanjung Selor. Posisi TPS saat pemungutan suara pada Rabu (17/4) lalu berada di sekitar belakang Pasar Induk.

Adapun untuk tiga daerah yang melaksanakan PSU, masing-masing 2 TPS di Tarakan, 3 TPS di Tana Tidung dan 4 TPS di Nunukan. Dari total 9 TPS, rata-rata jenis PSU adalah pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Meski terdapat 2 TPS dengan jenis pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI dan DPD RI, serta 1 TPS dengan jenis pemilihan DPD RI saja.

Jadwal pelaksanaan PSU untuk Kota Tarakan dan Kabupaten Tana Tidung yakni pada Kamis (25/4) besok. Sedangkan untuk Nunukan penyelenggaraan PSU pada batas akhir masa PSU yakni Sabtu (27/4). Sebagaimana diketahui, sesuai ketentuan batas PSU dilaksanakan 10 hari setelah hari pemungutan suara. “Iya untuk Nunukan hari Sabtu 27 April mendatang. Itu sudah batas terakhir PSU,” sebutnya.

Lebih jauh diterangkan, PSU akan menjadi perhatian khusus bagi KPU Kaltara. Bahkan, untuk memastikan pelaksanaan pemilihan ulang berjalan lancar, Surya menegaskan agar seluruh komisioner KPU kabupaten/kota yang menyelenggarakan PSU lakukan pengawalan atau supervisi lansung. “KPU kabupaten/kota harus memastikan kelengkapan logistik siap. Kami minta mereka juga melakukan supervisi langsung, baik sebelum hari H sampai saat pelaksanaan sampai setelah pelaksanaan hingga logistik digeser ke kecamatan,” jelas dia.

Adapun untuk surat suara, sebagaimana diketahui setidaknya terdapat 5.000 surat suara PSU yang ada di KPU provinsi. Namun yang didistribusikan pusat sejak awal hanya 1.000 sehingga Kaltara mengusulkan tambahan ke KPU RI. “Untuk yang KTT sudah aman. Karena surat suara PSU yang di provinsi sudah memenuhi dan sudah digeser. Sedangkan untuk Tarakan dan Nunukan, malam ini sampai di Tarakan. KPU dan tim keamanan Nunukan juga sudah ada di Tarakan untuk jemput surat suara,” tandasnya. (*/kk)

 

PSU di Provinsi Kaltara

Kota Tarakan (Dilaksanakan 25 April 2019)

1) TPS 9 Kelurahan Selumit Pantai  : Jenis PSU (Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden).

2) TPS 21 Kelurahan Karang Anyar  : Jenis PSU (Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden).

Kabupaten Tana Tidung (Dilaksanakan 25 April 2019)

1) TPS 10 Desa Tideng Pale  : Jenis PSU (Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI dan DPD).

2) TPS 1 Desa Kujau  : Jenis PSU (Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI dan DPD).

3) TPS 2 Desa Kunau : Jenis PSU (Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden).

Kabupaten Nunukan (Dilaksanakan 27 April 2019)

1) TPS 1 Desa Tantalajuk Kecamatan Lumbis Ogong : Jenis PSU (Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden).

2) TPS 1 Desa Kekayap Kecamatan Sebuku  : Jenis PSU (Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden).

3) TPS 1 Desa Apas Kecamatan Sebuku  : Jenis PSU (Pemilihan DPD RI).

4) TPS 3 Desa Sekikilan Kecamatan Tulin Onsoi  : Jenis PSU (Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden).

Sumber : KPU Provinsi Kaltara

Leave a Comment