KALTARA

Wagub Imbau Masyarakat Waspadai Berita Hoax

HARI PERS NASIONAL- Wagub Kaltara H Udin Hianggio bersama wakil ketua DPRD saat menghadiri HPN ke-72 di Ambon.

HARI PERS NASIONAL- Wagub Kaltara H Udin Hianggio bersama wakil ketua DPRD saat menghadiri HPN ke-72 di Ambon.

MALUKU, lintasbenuanta.com – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara (Kaltara) H. Udin Hianggio menghimbau agar masyarakat dan pejabat di Kaltara, tidak mudah terpancing dengan maraknya berita-berita hoax—atau berita yang tidak benar, yang kini marak beredar.

Hal ini disampaikannya usai menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) ke-72 di lapangan Polda Maluku (Tantui), Ambon, Kamis (9/2). “Menanggapi berita hoax itu, harus dari diri kita sendiri, masyarakat dan pejabat. Kita jangan mudah terpancing, harus kita luruskan dan itulah tugas pers untuk meluruskan berita-berita bohong itu,” ujar Wagub.

Mengenai berita hoax juga disampaikan Presiden RI Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam puncak HPN tersebut. “Apa yang tadi sudah dikemukakan masalah hoax atau berita-berita bohong ini yang kadang menggelisahkan masyarakat.  PWI (persatuan wartawan Indonesia) maupun organisasi pers lainnya, memeliki tugas untuk menyikapi hal itu,” ujarnya.

Presiden RI Joko Widodo beserta Ibu Negara, Iriana. Rangkaian acara peringatan HPN 2017 sendiri telah diselenggarakan sejak 5 Februari lalu.

Dalam sambutannya, Presiden menekankan betapa pentingnya pers bagi pembangunan negara Indonesia dan saat ini media-media arus utama menghadapi tantangan yang sangat besar, dengan hadirnya media sosial.

Senada dengan apa yang disampaikan Presiden tersebut, Wagub juga menjelaskan bagaimana peran pers nasional memberi warna bagi pembangunan nasional bangsa ini, serta komitmen para awak media untuk menjadikan pers sebagai mitra pemerintah.

“Seperti apa yang disampaikan oleh ketua PWI dan Presiden, bagaimana pers nasional ini bisa memberi warna bagi pembangunan nasional kita, maka itu tekad dan komitmen dari PWI untuk menjadikan pers menjadi mitra yang baik dari pemerintah perlu kita dukung bersama,” tegas wagub.

Mengenai peran pers dalam pembangunan Kaltara sendiri, Wagub mengapresiasi atas kerjasama dan komunikasi yang terjalin selama ini dengan pemerintah provinsi Kaltara. “Saya rasa kita sangat salut karena komunikasi yang selama ini terjalin cukup positif dan ini harus kita jaga terus ke depannya,” ujar Wagub.

Selain Presiden, HPN di Ambon juga dihadiri oleh beberapa menteri kabinet kerja, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR Setya Novanto, tokoh-tokoh pemilik media, seperti Surya Paloh dan Chairul Tanjung serta insan pers nasional dari berbagai media televisi swasta dan media online.

Dalam kesempatan itu, H Udin yang hadir bersama Wakil Ketua DPRD Kaltara, Abdul Djalil Fattah menyampaikan selamat Hari Pers Nasional ke-72. “Semoga pers tetap menegakkan keadilan dan kebenaran dalam bangsa dan negara yang tercinta ini,” pungkasnya. (azza)

Leave a Comment