KALTARA

Tiga Gedung Baru Percantik Wajah Ibukota Kaltara

1 Tahun Kepemimpinan Irianto – Udin, Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara (12 Februari 2016 – 12 Februari 2017)

BANGUN INFRASTRUKTUR : Gedung baru perkantoran Pemprov Kaltara mempercantik wajah ibukota Kaltara, Tanjung Selor.

BANGUN INFRASTRUKTUR : Gedung baru perkantoran Pemprov Kaltara mempercantik wajah ibukota Kaltara, Tanjung Selor.

( Lintasbenuanta.com ) PASCA dilantik oleh Presiden 12 Februari 2016, pasangan Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie dan Wakil Gubernur, H Udin Hianggio langsung tancap gas. Infrastruktur, menjadi salah satu persoalan yang mendesak yang harus diwujudkan.

Sarana perkantoran menjadi salah satu bagian dari infrastruktur yang diprioritaskan. Tiga gedung perkantoran baru kini berdiri kokoh di Tanjung Selor. Dua gedung yang sudah rampung antara lain, Gedung Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Dinas PUPR-PKP) dan Gedung Baru Sekretariat Daerah. Sementara satu lagi dalam tahap pengerjaan.

Irianto mengatakan, pembangunan gedung perkantoran tersebut memang telah direncanakan sejak lama. Yaitu semenjak dirinya masih menjadi Penjabat (Pj) Gubenur.

Salah satunya gedung Dinas PU yang pembangunannya dimulai 2014 lalu, dengan menelan anggaran sekitar Rp 84,5 Miliar (M). Dana itu bersumber dari APBN dan APBD Kaltara dan sebelum diresmikan telah dilakukan proses audit oleh inspektorat sebelum diserahterimakan kepada Dinas PUPR-PKP.

“Luas bangunan yang ada 144 meter persegi dengan luas tanah 2800 meter persegi. Dan ini menjadi gedung satu-satunya di Kaltara yang dirancang ramah lingkungan serta hemat energy (listrik),” ujar Irianto.

Gedung ini telah mulai ditempati sejak awal 2017. Kini gedung 4 lantai itu dipergunakan untuk tempat berkantor Dinas PUPR-PKP serta Bappeda.

Gedung lainnya yang sudah ditempati adalah Kantor Sekretariat yang juga berlokasi di Jl Agatish Tanjung Selor. Gedung 4 lantai yang dibangun dengan alokasi anggaran sekitar Rp 139 miliar ini, dipergunakan untuk sejumlah biro di sekretariat provinsi, serta beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Rencana kita, gedung baru ini akan diresmikan pada 22 April mendatang yakni tepatnya di saat Hari Ulang Tahun Kaltara yang ke-4. Tapi sekarang tetap kita tempati lebih dulu,” jelas Irianto.

Sementara, satu gedung lagi yang masih dalam tahap pengerjaan adalah Kantor Bappeda Kaltara. Fisik gedung telah selesai tahun ini. Tinggal menunggu penyelesaian landscape, meubelair serta elektrifikasi.

Irianto mengungkapkan, pembangunan gedung-gedung perkantoran merupakan hal yang penting. Mengingat selama ini, banyak SKPD di Pemprov Kaltara yang terpaksa mengontrak rumah masyarakat. “Alhamdulillah sekarang sudah ada 2 gedung kantor yang bisa ditempati. Ini pun belum semua. Masih banyak yang belum memiliki kantor, dan mengontrak di rumah masyarakat,” ujarnya.

Pemprov Kaltara, kata Irianto, masih berencana membangun beberapa gedung perkantoran lagi. Yaitu di eks Kantor Gubernur lama di Jl Kolonel Soetadji, eks inspektorat dan bekas Kantor PDAM Bulungan. Saat ini masih menunggu proses hibah lahan dari Pemkab Bulungan. (humas)

Leave a Comment