KALTARA

Bandara Juwata akan Dikelola Angkasa Pura

Bandara Juwata Tarakan.

Bandara Juwata Tarakan yang kini masih dikelola Kementrian Perhubungan.

TANJUNG SELOR, lintasbenuanta – Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie merespon positif rencana PT Angkasa Pura I untuk mengelola Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) Juwata Tarakan. Menurut Irianto, keputusan tersebut merupakan kebijakan pemerintah pusat, yang harus didukung oleh pemerintah daerah.

“Apapun yang menjadi kebijakan pemerintah pusat, itu harus dilaksanakan,” ujar Irianto, Kamis (10/11). Informasi mengenai akan dikelolanya Bandara Juwata Tarakan oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut, Irianto mengakui sudah mengetahuinya dari beberapa pihak.

Rencananya, pengelolaan lapangan udara yang pernah diresmikan Presiden RI Joko Widodo tersebut akan diserahkan ke PT Angkasa Pura pada tahun 2017.

“Bagaimana nanti mekanismenya, kita tunggu tindak lanjut dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub),” jelasnya. Bahkan rencana tersebut, lanjut Irianto, sudah beredar sewaktu Menteri Perhubungan masih dijabat oleh Ignasius Jonan. Tujuannya, kata Irianto, adalah untuk mengurangi biaya anggaran pendapatan belanja negara (APBN).

Hal sama dikatakan oleh Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Khaerani. Dishubkominfo juga telah mendengar kabar ini sejak jauh hari, hanya saja belum jelas kepastiannya. “Belum lama ini saya bertemu Kepala Bandara Juwata, namun tidak ada info terkait hal ini, tetapi jika benar demikian kita tunggu saja,” ujar Khaerani.

Pihaknya akan mendukung keputusan pemerintah pusat jika memang demikian. Apalagi PT Angkasa Pura telah membuktikan pelayanan terbaiknya di beberapa bandar udara di beberapa kota besar di Indonesia.  “Kita tunggu kabarnya, kalau pun benar ini akan lebih baik. Apalagi seperti yang kita bisa lihat bandara di Balikpapan, Surabaya, Jakarta pengelolaannya lebih bagus,” kata Khaerani.(ant/hms)

Leave a Comment