Perusahaan Bongkar Muat Harus Ketat Supervisi Barang Muatan Kapal

TANJUNG SELOR,Lintas Benuanta. Mengantisipasi terjadinya gangguan situasi keamanan daerah dan ketentraman masyarakat Kabupaten Bulungan, Ketua Perkumpulan Pengusaha Bongkar Muat Daerah (PPBMD) Kabupaten Bulungan, Bustomy Manggus meminta agar Perusahaan Bongkar muat ( PBM) di Kabupaten Bulungan lebih ketat melakukan fungsi supervisinya  terhadap aktvitas bongkat muat baik yang melayani jasa di pelabuhan resmi pemerintah maupun di pelabuhan milik swasta dan pribadi masyarakat.

Hal tersebut, menurut Bustomy, untuk mengantisipasi masuknya barang -barang berbahaya,seperti bahan peledak yang dapat dipergunakan oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menggangu situasi keamanan wilayah Kabupaten Bulungan khususnya Tanjung Selor, sebagai Ibukota Kaltara .

” Kita minta tenaga supervisior   dan wacthman   PBM harus cermat,teliti dan ketat mencatat dan memeriksa barang-barang yang diangkut dan dibongkar oleh kapal-kapal dari luar Bulungan. Jenis kapal apapun baik yang bongkar muat di Pelabuhan pemerintah,maupun milik swasta dan masyarakat. Jika ada barang tertutup bungkusan  (Packing)  agar dipastikan isi dan jenis barangnya serta pemiliknya. Bila ditemukan barang -barang yang mecurigakan dapat dikonfirmasi atau dilaporkan kepada pihak berwajib.” Jelas Bustomy

Banyaknya aksi teror belakangan ini, membuat kita juga harus berpartisipasi membantu pihak kepolisian menjaga situasi keamanan. PBM sebagai Perusahaan Penyedia Jasa Bongkar Muat dan secara teknis bertanggung jawab terhadap bongkar muat Kapal harus ketat melakukan supervisi saat aktivitas bongkar muat kapal   untuk  mengantisipasi masuknyanya barang-barang berbahaya, seperti bahan peledak ke daerah ini. Karena jalur pelayaran ( Kapal) termasuk moda transportasi yang paling rawan digunakan pihak pihak yang tidak bertanggung jawab mengirim barang terlarang.

Menurut Bustomy, secara organisasi mereka sudah menyampaikan kepada pemilik pelabuhan pribadi baik perusahaan maupun masyarakat agar menggunakan PBM setiap aktivitas bongkar muatnya, Selain menjamin sisi keselamatan bongkar muat, PBM juga memiliki fungsi supervisi agar barang yang diangkut dan dimuat sesuai data manisfestnya, barang yang tidak melanggar hukum, jenis dan pemiliknya jelas, muatan tidak melebihi kapasitas kapal, serta proses bongkar muat sesuai standar keselamatan kerja.

” Untuk pelabuhan milik perusahaan dan sebagian besar milik masyarakat sudah kita data dan kita monitor aktivitas bongkar muatnya. Kita pastikan ada PBM yang melayani.Tapi berkaitan kegiatan bongkar muat di jalur tikus atau yang sembunyi sembunyi di pinggiran sungai diluar kota Tanjung Selor, terus terang,kami tidak bisa berbuat apa-apa. Itu diluar domain kami. Padahal, aktivitas ini yang rawan dan berbahaya.” Pungkasnya.

Artikel Terkait