EKONOMI KALTARA

Komitmen Pemberdayaan PT PKN Patut Jadi Contoh

Tanjung Selor,lintasbenuanta.com-Komitmen pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh PT Pesona Khatulistiwa Nusantara ( PT PKN ) di Kabupaten Bulungan patut diapresiasi dan dapat menjadi contoh bagi perusahaan perusahaan lain yang berinvestasi di sektor sumber daya alam di Kabupaten Bulungan.

Hampir 20 tahun PT PKN berinvestasi telah banyak memberikan kontribusi yang besar dalam membangun tidak saja kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah investasi mereka tapi masyarakat Kabupaten Bulungan secara umu yang berada di ibukota Provinsi Kaltara

Pembangunan power plant pembangkit listrik oleh PT PKN adalah bukti dan wujud kepedulian dan komitmen perusahaan dalam memahami kebutuhan masyarakat dan mensupport pemerintah ( stakeholder), tidak saja membantu kebutuhan listrik tapi juga membantu dalam pelaksanaan pembangunan sektor lainnya di daerah ini “. kata Bustomy dari Benuanta Institut ini.

Tidak itu saja, menurut Bustomy, perhatian projek sosial di bidang pendidikan dan SDM telah berjalan cukup lama dan telah memberikan hasil yang positif, seperti beasiswa pendidikan , pendirian politeknik dan kerjasama pendidikan vokasi dengan perguruan tinggi seperti ITB.

Kami melihat, sambung Bustomy, PKN tidak hanya berinvestasi untuk keuntungan perusahaan saja tapi juga melakukan investasi kebaikan sosial dan ekonomi jangka panjang kepada masyarakat.

Kebaikan Pemberdayaan itu tidak hanya dalam wujud CSR dan rekrutmen tenaga kerja tapi juga membangun partisipasi aktif pengusaha lokal untuk terlibat dalamkegiatan bisnis mereka.
Mulai dari hulu di kegiatan tambang sampai hilir di kegiatan loading dan pengapalan batu bara pengusaha lokal diberi kesempatan berkembang bersama perusahaan.

Bustomy yang juga direktur PT Putra Kenyah Bangun Samudra yang bergerak dalam kegiatan bongkar muat kapal merasakan langsung komitmen dan konsistensi PT PKN dalam memberdayakan dan menghidupkan pengusaha lokal.

Contoh konkrit, jelas Bustomy, seperti Koperasi TKBM yang dulunya hanya berkegiatan di pelabuhan kecil di Tanjung Selor, sejak 6 tahun ini , ratusan tenaga kerjanya dilibatkan berkegiatan di loading batu bara PKN. Demikian juga perusahaan bongkar muat ( PBM) lokal diberi kesempatan bermitra dengan perusahaan PBM profesional agar perusahaan lokal ini bisa alih teknologi, manajemen dan keterampilan serta belajar dari pengalaman perusahaan yang sudah maju .

” Keterlibatan PBM dan TKBM memberi efek ekonomi dan kesejahteraan yang besar bagi masyarakat banyak. Belum lagi sektor lainnya yang juga banyak melibatkan masyarakat lokal.” apresiasi Bustomy yang juga praktsi PR dan CSR ini.

Bustomy melihat, lanjutnya, yang dilakukan PKN tidak semata mata normatif tapi memang menjadi paradigma dan kesadaran pimpinan perusahaan tersebut yang kemudian menjadi budaya perusahaan.

” Apa yang saya ungkapan ini ingin membangun pemahaman yang lebih yang dapat menjadi referensi perusahaan lain di daerah ini agar bisa mencontoh dan memiliki pemahaman dan kesadaran tentang pemberdayaan masyarakat seperti yang dilakukan PKN” terangnya.

Leave a Comment