PENDIDIKAN POLITIK & PEMERINTAHAN

Serasehan Bersama Aparat Desa, Peserta Diklat PIM II Hasilkan Beberapa Rekomendasi

Serasehan peserta Diklat PIM II bersama aparat desa di Polewali Mandar.

Serasehan peserta Diklat PIM II bersama aparat desa di Polewali Mandar.

POLEWALI, lintasbenuanta.com – Masih dalam rangkaian kegiatan visitasi peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat PIM) II Angkatan ke-V di Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat (Sulbar), para peserta melakukan kunjungan lapangan ke desa-desa di kabupaten tersebut.
Dua desa dikunjungan oleh peserta Diklat yang dilaksanakan oleh Pusat Kajian Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara (PKP2A III LAN) Kaltim tersebut. Yaitu Desa Pappandangan, Kecamatan Andreapi dan Desa Mirring Kecamatan Binuang di Kabupaten Polewali Mandar.
Tak hanya sekedar berkunjung, di dua desa tersebut, para peserta sekaligus juga melakukan kegiatan proyek perubahan. Yaitu, berupa inventarisasi permasalahan di desa.
“Kami bersama-sama dengan warga desa, melakukan sarasehan dan dilanjuti dengan rekomendasi untuk solusi permasalahan yang disepakati bersama pemangku desa,” ujar Muhammad Mursid, salah satu peserta Diklat PIM II.
Disampaikan, serasehan yang digelar sekitar pukul 20.00 Wita, Selasa (10/04/2018) di Desa Pappandangan dilakukan bersama unsur aparat desa, Badan Perwakilan Desa (BPD) dan para kepala dusun.  Begitupun yang dilaksanakan di Desa Mirring.
Dari sarasehan itu, kata Mursid, menghasilkan beberapa butir rekomendasi. Antara lain yang berhubungan dengan strategi pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian, perkebunan dan pemanfaatan hasil hutan.
“Juga kita bahas mengenai strategi perlindungan anak melalui pengadaan bus sekolah, penyediaan jaringan komunikasi. Termasuk di Desa Pappandangan dibahas rencana ke depan untuk pengelolaan potensi pariwisata alam Sarrung Alo,” kata Mursid.
Mursid menambahkan, hasil  rekomendasi dari serasehan bersama aparat desa tersebut, menjadi kesepakatan bersama yang akan dipresentasikan di hadapan bupati dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mendapat tanggapan, saran sekaligus masukan bagi semua pihak yang terkait.
Seperti diberitakan sebelumnya, usai begelut dengan matari-materi di PKP2A III LAN Kaltim di Samarinda, dua kelompok peserta Diklat PIM ll Angkatan ke-V melakukan visitasi atau studi kunjungan ke Kantor Bupati Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat.
Kegiatan visitasi yang dipimpin oleh Kabid Aparatur Diklat Dr. Rahmat diikuti oleh seluruh peserta Diklat Pim II, termasuk para pejabat tinggi pratama dari Pemprov Kalimantan Utara. (*)

Leave a Comment