FEATURE KALTARA OPINI POLITIK & PEMERINTAHAN

Opini:Momentum Terima Kasih dan Penghargaan Masyarakat Kepada Pemimpinnya

hutHari ini, 22 April 2018 tepat 5 tahun usia Provinsi Kalimantan Utara ( Kaltara ). Hari jadi yang  mengingatkan momentum dimulainya perjalanan  pemerintahan  provinsi termudah di negeri ini untuk    membangun dan mengangkat harkat dan martabat masyarakat Kaltara.

Apa makna yang bisa kita dapatkan dari 5 tahun usia Provinsi Kaltara hari ini. Seperti kata Abraham Lincoln, mantan Presiden AS ” dan kelak, yang paling penting, bukan berapa lama tahun yang kamu lewati. Tetapi, bagaimana kamu menjalani kehidupanmu sepanjang tahun-tahun tersebut”.

Sampai disini saya baru ingat, biasanya ketika seseorang berulang tahun, kita biasanya memberikan hadiah. Hadiah apa saja sebagai wujud kita  merupakan bagian kehidupannya, hadiah yang menunjukan perhatian dan rasa sayang serta hormat kita kepadanya.

Pertanyaan, di hari jadi ke 5 ini, hadiah apa yang saya berikan kepada Provinsi Kaltara? mengutip adagium populer  ” jangan tanyakan apa yang  provinsi ini berikan buat kamu tapi tanyakan apa yang telah kamu berikan untuk provinsi ini”. Saya tersenyum sendiri. Mengingat-ngingat,” Jangankan hadiah, dari  masa-masa kehidupan yang kita jalani selama 5 tahun  di provinsi ini, belum ada  yang kita buat untuk Kaltara?”.

 Kembali kepada ucapan Abraham Clinton tersebut. Mungkin, banyak dari kita yang selalu mengritik, menuntut banyak  dan mencari-cari kesalahan  pemimpin kita. Sementara  kita sendiri tidak tahu dan tidak berbuat apa-apa. Padahal, Orang lain dan orang yang telah memimpin kita telah bersusah payah berbuat banyak buat daerah ini dan masyarakat.

Bicara hari jadi  Provinsi   Kaltara dan  bicara perjalanan Pemerintah Provinsi Kaltara, tentu tidak terlepas dari sosok pemimpin yang bernama Irianto Lambrie. Dilantik sebagai Pj Gubernur Kaltara ( PJ Pertama ) 22 April 2013 di Jakarta. Artinya beliau orang pertama sebagai Kepala Pemerintahan Provinsi Kaltara.

Di hari itulah, sebagai single fighter, tanpa staf dan kantor, beliau memulai melaksanakan tugas-tugas pemerintahan Provinsi Kaltara. Berkat pengalaman, kapasitas dan kapabilitas yang dimilikinya, beliau bisa membangun fondasi dan struktur  Pemerintahan Provinsi Kaltara. Dan,  meletakan dasar-dasar pembangunan di Kaltara. Kemudian, berlanjutnya terus  ketika beliau terpilih sebagai Gubernur Kalimantan Utara dan dilantik bersama wakilnya H Udin Hianggio tanggal 12 Februari 2016 oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta

Usia Kaltara yang sudah 5 tahun ini memang masih muda, tapi saya menolak Menganalogikan Usia 5 tahun provinsi ini  seperti seorang balita. Menurut saya,   tidak tepat dan terkesan kekanak kanakan. Terlalu naif dan skeptis. Bicara pemerintahan ukuran dan indikatornya pencapaian pasti jelas dan banyak instrumen yang digunakan.

Tapi, hari ini  saya tidak ingin kita menjadi normatif. Kemudian bicara regulasi, indikator,  statistik, serta bicara data-data untuk menilai kemajuan dan perkembangan Kaltara di usianya ke 5 tahun ini. Saya lebih ingin bicara  realitas dan logika sederhana   tapi rasional sebagai refleksi diri kita semua.

Maksudnya begini, saya menyakini sebagian besar masyarakat Kaltara memberikan penilaian positif terhadap Pemerintah Provinsi Kaltara. Penilaian  ini   saya simpulkan dari  komentar komentar yang yang saya terima baik secara langsung maupun melalui media sosial.

Mereka mengaggap bahwa Pemerintahan Provinsi Kaltara sekarang sudah lebih akselerated, artinya sudah berjalan dengan baik secara optimal. On the track, sudah sesuai  aturan, goals dan kebutuhan masyarakat. On the control, artinya masyarakat dapat memantau secara transparan program kegiatan pembangunan yang dilaksanakan Pemprov Kaltara

So, pertanyaannya, apalagi sih yang harus dilakukan oleh Gubernur? program sudah  berjalan, sudah terbuka, transparan, sesuai aturan, sesuai target dan sesuai kebutuhan. Jika realitas pembanding yang dibangun hari ini Kaltara ini harus seperti  Jakarta, Bandung dan Surabaya dimana banyak Mall, Pusat Pemberlanjaan, pusat hiburan  dan  Jalan tol. Nanti dulu, bro.  Berarti anda salah besar.

Tapi, jika    kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan Gubernur Kaltara sudah tepat pada  waktu yang tepat, bentuk yang tepat, kebutuhan dan peruntukan yang tepat. Itu baru benar. Masa provinsi baru, harus bangun Mall dan  bangun pusat hiburan dulu.

Lihat, Pembangunan Kantor Gubernur Kaltara, Perluasan Bandara Tanjung Harapan sehingga pesawat Atr 700 bisa melayani penerbangan  Tanjung Selor, Rumah Sakit Perbatasan, beasiswa pendidikan, pemekaran daerah otonom, dan banyak lagi program lainnya seperti kerjasama dengan berbagai pihak   yang relevansinya terukur dan fundamental.  Jika kita susun dalam tulisan ini pasti tidak cukup dan tulisan ini akan berubah jadi makalah.

Selain itu,   yang paling menonjol dari pemerintahan provinsi ini adalah, figur Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie. Kemampuan komunikasi dan   personaliti yang dimiliki beliau  menjadi  leverage (nilai ungkit ) bagi Performance Pemerintah Provinsi Kaltara, setidak kelebihan ini  memudahan provinsi ini mendapat perhatian lebih dari pemerintah pusat dan pejabat tinggi negeri ini terutama dari presiden dan dan wapres .

Trust yang dibangun beliau dengan menjalin  komunikasi dengan kementerian, investor dan lembaga strategis lainnya terbukti telah  mengangkat derajat provinsi  ini lebih tinggi dan terhormat dalam pergaulan nasional. Kapasitas dan kapabilitas intelektual yang dimiliki beliau, telah memberikan brand yang positif sebagai kepala daerah  yang smart. Sebuah kebanggan bagi masyarakat Kaltara.

Oleh karena itu,  tepat rasanya di usia Kaltara yang ke lima ini,   masyarakat Kaltara, sebagai hadiah  hari ini, mengucapkan terima kasih dan   penghargaan  yang setulus-tulusnya kepada     Gubernur Kaltara Bapak Irianto Lambrie    dan jajarannya  atas kerja keras, pengabdian  dan jasanya selama ini membangun  masyarakat Kaltara agar lebih maju dan sejahtera.

Semoga Tuhan selalu melindungi bapak gubernur dan keluarga, serta selalu diberikan kesehatan dan kekuatan, agar bapak bisa melaksanakan tugas membangun Kaltara, bisa mewujudkan cita cita, visi  dan mimpi  bapak yang menginginkan Kaltara tedepan, serta dapat melihat hasil kerja keras  bapak saat mengakhiri jabatan  tahun 2026 nanti. Amiin.# Redaksi”

 

Leave a Comment