KALTARA

Kaltara Sukses Buka Jalur Ekspor Ke Singapura Via Udara

perdanaTarakan,lintasbenuanta- Irianto Lambrie, Gubernur Kalimantan Utara ( Kaltara) meresmikan pembukaan rute dan ekspor perdana via pesawat cargo dari Kaltara-Singapura.

Sebanyak 11 ton komoditi hasil laut andalan Kaltara ( udang dan kepiting) diterbangkan dari Tarakan menuju Singapura menggunakan pesawat kargo milik maskapai Tri-MG.

Dengan dibukanya rute ekspor via udara ini, akan menjadi sejarah di Kaltara, Irianto mengharapkan ini  akan menumbuhkan dan meningkatkan kembali aktivitas ekspor yang menjadi unggulan komparatif Kaltara.

Dibukanya rute ekspor ini menjadi bukti komitmen Pemerintah Provinsi Kaltara untuk menghidupkan ekspor dan meningkatkan perekonomian Kaltara. Pemprov, kata Irianto, juga memiliki komitmen mengembangkan produk kelautan dan perikanan sebagai komoditas unggulan ekspor,  yang di negara lain tidak dihasilkan atau dihasilkan tapi tidak sebesar hasil laut Kaltara.

Dengan dibukanya jalur ekspor udara ini dan langsung terbang ke negara tujuan, memberikan dampak positif seperti memangkas alur distribusi agar lebih singkat dan cepat,harga lebih kompetitif, kualitas lebih terjaga, dibanding lewat jalur laut harus ke Surabaya dan Jakarta dulu baru ke negara tujuan, yang memakan waktu cukup lama dan biaya yang besar.

Di samping itu, lancarnya kegiatan ekspor ini juga memberikan dampak positif harga beli hasil perikanan dari nelayan. Di sisi lain, tentunya akan memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah ( PAD) Kaltara salah satunya dari pajak ekspor.

Leave a Comment