KALTARA

11 Titik Api Di Kaltara

kebakaranhutanKaltara,lintasbenuanta – Berdasarkan pantauan satelit National Oceanic Atmospheric Administration (NOAA) terdapat sedikitnya 11 titik api yang muncul di wilayah provinsi Kalimantan Utara ( Kaltara).

Data tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Kaltara, Edi Suharto usai mengikuti telekonferensi dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Mapolres Bulungan, Kamis (25/8/2016).

Titik api terpantau di daerah Tanjung Palas Timur (Bulungan), Pujungan, Kayan Hilir, Sungai Boh (Malinau), dan Sebuku (Nunukan).

Luasan hutan dan lahan yang terbakar di Kaltara tahun ini jauh lebih sedikit hanya 1.495 hektare, dibanding tahun 2015 yang mencapai 14.787 hektare.

Mengantisipasi kebakaran hutan yang lebih besar, terang Edi, Pemerintah Kabupaten setempat sudah melakukan langkah penanganan di titik-titik api tersebut dibantu personel di kecamatan dan desa.

Sesuai edaran Menteri LHK tentang pencegahan kebakaran hutan, lanjut Edi, Perangkat desa diarahkan membentuk program desa siaga api, dimana nantinya Kepala Desa mengingatkan dan mengarahkan petani dan peladang untuk melakukan aktivitasnya yang ramah lingkungan.

“Mudah-mudahan desa siaga api ini bisa berjalan sesuai yang kita semua harapkan. Kita tidak mau lagi seperti kejadian kabut asap tahun lalu,” tuturnya.

Leave a Comment